Rabu, 15 September 2010

Manusia Mempengaruhi Alam (teori posibilis)

Diposting oleh Rima Rachmawati di 11.40
Kita tahu bahwa teori posibilis atau yang sering di sebut dengan faham posibilis adalah suatu teori atau faham yang mengungkapkan bahwa manusialah yang menentukan kehidupannya dengan kata lain, manusia berperan aktif dalam membudidayakan alam untuk menunjang kehidupannya. Singkatnya, manusia dapat mempengaruhi alam. Teori ini dikemukakan oleh Paul Vidal de la Blache.

Contoh-contoh yang menggambarkan teori posibilis yang bersifat positif :
  • Manusia membuat cagar alam dan suaka margasatwa untuk membudidayakan hewan-hewan dan tumbuhan-tumbuhan yang sudah akan punah, agar tetap terciptanya ekosistem yang baik.
  • Manusia menanam pohon di sekitar lingkungan rumahnya serta tempat bekerjanya. Manusia juga melakukan reboisasi pada hutan-hutan yang telah gundul agar mengurangi dampak global warming.
  • Manusia mengolah limbah pabrik dan limbah rumah tangga dengan benar dan sempurna agar tidak menyebabkan pencemaran di alam ini.

Contoh-contoh yang menggambarkan teori posibilis yang bersifat negatif :
  • Manusia menebang hutan sembarangan sehingga menyebabkan hilangnya rumah-rumah bagi para hewan dan menyebabkan banyaknya hewan-hewan dan tumbuhan yang terancam punah, dan juga menyebabkan hewan-hewan mencari makanan dan tempat tinggal ke desa-desa yang berada di dekat hutan karena makanan dan tempat tinggal mereka telah habis di hutan.
  • Manusia membuang limbah rumah tangga maupun limbah pabrik sembarangan ke laut sehingga menyebabkan terganggunya ekosistem laut.
  • Manusia memakai banyak barang yang tidak bisa di daur ulang seperti plastik dan kaleng dan seringkali membuangnya di sembarang tempat sehingga menyebabkan banjir di kala musim hujan.
  • Manusia membuat pabrik, menurut saya ini sangat berpengaruh pada alam karena pabrik banyak menyebabkan perubahan pada alam ini, contohnya pabrik menghasilkan limbah yang sangat berbahaya bagi alam ini yang berupa zat-zat kimia, limbah bisa berupa asap serta zat cair.
  • Manusia melakukan pengeboran air tanah yang menyebabkan kosongnya zat cair dalam tanah dan menyebabkan turunnya permukaan tanah. Hal itu sudah terjadi pada kota-kota besar di Indonesia dan bisa dilihat di Jakarta.
literatur:
http://www.g-excess.com/id/pengertian-geografi-ipa-ilmu-pengetahuan-alam.html

http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090826232016AAYqmEu

http://www.google.co.id

      0 komentar:

      Posting Komentar

       

      This is My World Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez