Minggu, 05 September 2010

Pencemaran Lingkungan

Diposting oleh Rima Rachmawati di 09.52
Pencemaran Lingkungan terbagi atas 4 yaitu :
1. Pencemaran Udara
2. Pencemaran Air
3. Pencemaran Tanah
4. Pencemaran Suara

Contoh-contoh Pencemaran Lingkungan dan Cara Penanggulangannya :

1. Asap Rokok
Asap rokok sangat mengganggu sistem pernafasan manusia. Asap rokok termasuk pencemaran udara. Orang yang tidak merokok tetapi terkena/menghirup asap rokok akan terkena dampak yang lebih parah dibandingkan orang yang merokok.
Menurut saya cara penanggulangannya adalah :
  • Melakukan penyuluhan-penyuluhan kepada para perokok aktif agar berhenti merokok karena asap rokok sangat berbahaya bagi sistem pernafasan
  • Menghimbau kepada pabrik-pabrik rokok agar bisa mengurangi kandungan nikotin dan tar pada rokok, tetapi jika bisa rokok itu tidak harus mengandung nikoton dan tar. Apabila perlu pabrik-pabrik rokok harus di tutup dan pemerintah membuat pabrik-pabrik pengganti yang lebih mengasilkan devisa untuk negara agar para karyawan tidak ada yang menganggur dan agar pendapatan negara lebih banya lagi.
 2. Asap Pabrik
Di Indonesia menurut saya masih saja banyak pabrik-pabrik yang tidak mengolah limbah pabriknya dengan benar dan salah satunya menyebabkan pencemaran udara. Asap pabrik biasanya berwarna hitam kelam atau abu-abu kehitaman dan menyebabkan langit menjadi kotor dan mengganggu sistem pernafasan manusia.
Menurut saya cara penanggulangannya adalah :
  • Menghimbau para pengusaha pabrik-pabrik agar mengolah limbah pabriknya dengan benar dan bersih agar tidak menyebabkan pencemaran udara atau asap pabrik.
3. Kebakaran Hutan
Kebakaran hutan sering terjadi di daerah-daerah hutan yang sangat lebat. Kebakaran hutan sering terjadi karena memang iklim yang mempengaruhi atau karena ulah manusia yang sengaja membakar hutan untuk dijadikan lahan perkebunan atau karena ulah manusia yang tidak sengaja sedang membakar sampah di sekitar hutan dan terjadilah kebakaran hutan. Kebakaran hutan sering menyebabkan kabut tebal yang mengganggu pengguna jalan raya, seperti pengendara mobil, motor, bus dan truk serta sering mengganggu jam penerbangan pesawat di bandara.
Menurut saya cara penanggulangannya adalah :
  • Pemerintah harus tegas dalam mengawasi hutan-hutan dengan cara menurunkan polisi-polisi hutan agar mengawasi secara nyata hutan-hutan dan agar bisa menangkap orang-orang yang secara sengaja ingin membakar hutan untuk dibuka menjadi sebuah lahan yang digunakan secara ilegal.
  • Menghimbau para penduduk yang berada disekitar hutan agar tidak membakar sampah disekitar hutan.
4. Limbah Pabrik yang dibuang ke Laut
Hasil limbah pabrik yang masih berbahaya atau yang belum diolah secara sempurna masih banyak yang langsung dibuang ke laut, sungai maupun parit-parit. Padahal hal tersebut dapat menyebabkan banyak ikan-ikan yang berada di laut maupun di sungai mati dan akan menyebabkan para nelayan menjadi tidak bekerja dan akan mempengaruhi kebutuhan para konsumen yang ingin membeli ikan. Limbah pabrik yang di buang ke laut dan sungai juga akan membuat ikan-ikan tercemar dan menjadikan ikan-ikan tersebut tidak baik untuk di konsumsi. Limbah pabrik yang dibuang ke sungai juga akan menyebabkan rusak dan tercemarnya persawahan warga yang sistem perairannya menggunakan air sungai yang mengalir ke sawah-sawah mereka.
Menurut saya cara penanggulangannya adalah :
  • Pemerintah harus bertindak tegas kepada pabrk-pabrik yang tidak mematuhi peraturan lingkungan hidup, bila perlu pabrik tersbut di tutup saja.
  • Para pengusaha pabrik-pabrik harus mengolah limbah pabriknya dengan sempurna agar tidak menimbulkan masalah bagi lingkungan.
5. Asap Kendaraan
Asap kendaraan sangatlah mengganggu sistem pernafasan manusia karena mengandung karbon dioksida maupun karbon monoksida. Pencemaran udara yang disebabkan asap kendaraan, 70% merupakan akibat adanya asap kendaraan bermotor. Hal itu juga disebabkan karena meningkatnya secara drastis kepemilikan kendaraan atau jelasnya sekarang jumlah kendaraan semakin banyak.
Menurut saya cara penanggulangannya adalah :
  • Pemerintah harus membatasi jumlah kendaraan dengan cara membatasi jumlah kepemilikan kendaraan.
  • Mengembangkan teknologi bahan bakar kendaraan yang ramah lingkungan.
  • Memanfaatkan sepenuhnya kendaraan umum agar masyarakat tidak tertarik untuk membeli kendaraan pribadi dan tertarik untuk menggunakan kendaraa umum.
6. Penggunaan Pembangkit Listrik
Penggunaan pembangkit listrik merupakan salah satu penyebab terjadinya pencemaran udara karena hasil olahan pembangkit listrik ini menghasilkan asap hitam yang tebal yang sangat mengganggu sistem pernafasan serta dapat menimbulkan hujan asam contoh tersebut dapat dilihat pada PLTD di Gunung Malang, Balikpapan.
Menurut saya cara penanggulangannya adalah :
  • Bahan bakar yang digunakan oleh mesin pembangkit listrik menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan.
  • Pekerja maupun pengusaha pembangkit listrik seharusnya mengolah limbah asapnya sesuai dengan prosedur dan perjanjian-perjanjian yang berlaku pada pemerintah.
  • Pemerintah harus lebih tegas lagi dalam menyikapi hal tersebut.
7. Pembakaran Sampah
Pembakaran sampah merupakan penyebab terjadinya pencemaran udara serta gangguan sistem pernafasan. Pembakaran sampah juga menyebabkan mata perih dan penyebab terjadinya kebakaran hutan maupun kebakaran rumah. Asap dari pembakaran sampah juga menyebabkan gangguan penglihatan para pengendara motor, mobil, bus maupun truk.
Menurut saya cara penanggulangannya adalah:
  • Pemerintah dengan tegas menghimbau larangan membakar sampah.
  • Masyarakat harus diberi penyuluhan tentang bahayanya pembakaran sampah.
8. Meletusnya Gunung Api
Meletusnya gunung api dapat menimbulkan gangguan sistem pernafasan serta gangguan kesehatan lainnya. Karena selain debu-debu yang berasal dari gunung api juga terdapat gas-gas dan partikel-partikel yang sangat berbahaya bagi tubuh.
Menurut saya cara penanggulangannya adalah :
  • Menghimbau warga-warga yang berada disekitar wilayah gunung api yang meletus agar memakai masker, apabila perlu warga-warga mengungsi ke daerah yang jauh radiusnya terhadap gunung api tersebut.
9. Penggunaan CFC
Pada peralatan-peralatan elektronik seperti kulkas dan AC banyak tertulis tulisan non CFC padahal faktanya ada saja peralatan-peralatan elektronik yang tetap menghasilkan CFC yang sangat berbahaya karena dapat menimbulkan lubang pada lapisan ozon bumi. Pada minyak harum semprot dan hairspray juga terdapat CFC.
Menurut saya cara penanggulangannya adalah :
  • Mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan dan dapat diperbaharui.
  • Menjaga lingkungan sekitar.
  • Tidak memakai peralatan-peralatan elektronik yang mengandung CFC.
10. Tumpahnya Minyak di Laut
Tumpahnya minyak di laut menyebabkan terjadinya kerusakan ekosistem laut yaitu matinya ikan-ikan dan biota-biota laut serta tercemarnya ikan-ikan dan biota-biota laut. Hal itu sangat merugikan negara serta para nelayan yang berprofesi mencari ikan di laut. Mereka akan kesulitan menemukan ikan-ikan yang masih segar dan tidak terkontaminasi oleh tumpahan minyak.
Menurut saya cara penaggulangannya adalah :
  • Memelihara kapal-kapal yang mengangkut minyak bumi agar tidak terjadi kecelakaan yang menyebabkan minyak tumpah.
  • Memelihara pipa-pipa saluran minyak bumi yang berada di dasar laut agar tidak terjadi kebocoran.
11. Terbawanya Zat-zat Kimia yang Berasal dari Pupuk-pupuk Pertanian
Terbawanya zat-zat kimia yang berasal dari pupuk-pupuk pertanian mengakibatkan sungai, parit serta laut mengalami pencemaran. Hal itu terjadi karena banyaknya kandungan bahan berbahaya yang dapat menimbulkan kerusakan ekosistem laut maupun sungai.
Menurut saya cara penanggulangannya adalah :
  • Menghimbau para petani agar menggunakan pupuk-pupuk pertanian sesuai dosis atau takaran yang di anjurkan.
12. Penggunaan Pupuk Anorganik
Penggunaan pupuk Anorganik akan mengakibatkan pencemaran tanah karena akan mempercepat habisnya zat-zat organik, merusak keseimbangan zat-zat makanan di dalam tanah serta menimbulkan berbagai penyakit tanaman.
Menurut saya cara penanggulangannya adalah :
  • Menghimbau para petani agar memakai pupuk organik daripada pupuk anorganik dan menggunakannya sesuai dosis yang dianjurkan.

literatur : sepengetahuan ku :D dan ditambah dari google.co.id sedikit :)

3 komentar:

Rima Rachmawati on 5 September 2010 pukul 09.53 mengatakan...

maaf ya kalo banyak yang salah2 soalnya ini kan sekalian belajar hehe komen aja kalo ada yang salah2 thanks :)

Al.R. on 5 September 2010 pukul 16.29 mengatakan...

Lmayan eh, bagi2 ilmu... Bwt makalah kh, rim? Ini rima yg adv. 1 biec dlu atw bkan? Aku inget dlu ada rima, tpi bngung apa itu kmu atw bkan... :p oya, buka jg ya, --> storieschatsandeverythingelse.blogspot.com. B.ing si, tpi dikritik ya? Jdi bsa lbi bgus lg. ^^ *sklian follow klo bsa. Xp*

Rima Rachmawati on 15 September 2010 pukul 12.44 mengatakan...

@Alvinix26 haha aku gapernah les biec :D iya udah kubuka, terus aku bingung mau kritij apa haha bagus2 semua :D

Posting Komentar

 

This is My World Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez